10 Faktor Penyebab Banjir, Salah Satunya Membuang Sampah Sembarangan

Bukan Cuma Buang Sampah Sembarangan, 7 Hal Ini Juga Penyebab Banjir!

Belakangan ini bencana banjir sering terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Terlebih lagi jika sudah memasuki musim hujan, banyak orang yang bersiap-siap untuk menghadapi datangnya banjir. Lantas, kira-kira apa yang menjadi penyebab banjir itu?

Yuk cari tahu apa saja faktor penyebab banjir dengan menyimak ulasan dibawah ini :

  • Curah Hujan Yang Tinggi

Banjir bisa terjadi karena curah hujan besar yang terjadi dalam waktu cukup lama. Misalnya, hujan turun berjam-jam dan tidak berhenti sama sekali, mulai dari pagi hingga malam hari, kondisi tersebut bisa menyebabkan banjir. Sungai-sungai yang ada akan dipenuhi air hujan. Selain itu, air hujan juga akan menggenangi jalanan ketika kurang tersedianya daerah resapan air.

  • Membuang Sampah Sembarangan

Kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan juga bisa menyebabkan banjir. Meski tampak tidak akan mempengaruhi apapun, namun kenyataannya membuang sampah sembarangan bisa membuat sungai menjadi dangkal. Sungai yang dangkal tentunya bisa menyebabkan air meluap hingga ke rumah-rumah penduduk ketika terjadi hujan deras.

  • Perusakan Lahan

Adanya perusakan lahan seperti penambangan liar berupa penggalian tanah juga bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor. Tanah yang awalnya berfungsi untuk menahan air, namun kini menjadi tergerus dan tidak kuat menahan air.

  • Penebangan Hutan

Selain penambangan liar, penebangan hutan liar juga menjadi penyebab banjir. Fungsi hutan sangat penting yaitu sebagai daerah resapan air, bisa menyimpan air hujan untuk kemudian mengalirkannya kembali melalui bentuk air tanah. Namun dengan adanya penebangan hutan secara liar, tanah tidak bisa menyerap air hujan dengan baik sehingga meluap menyebabkan banjir, bahkan tanah longsor.

  • Pemukiman Liar

Seharusnya rumah tidak dibangun di tepi sungai. Namun, sayangnya masih banyak orang yang membangun pemukiman liar di daerah bantaran sungai. Pemukiman liar tersebut bisa menghambat aliran sungai, karena penduduk di pemukiman tersebut membuang banyak sampah sembarangan.

  • Menggunakan Air Tanah Berlebihan

Selanjutnya, penyebab banjir lainnya adalah karena tingginya kebutuhan air yang terjadi karena mobilitas dan pembangunan yang pesat. Sehingga tidak heran jika di perkotaan lebih mudah terjadi bencana banjir. Sebab, penggunaan air tanah berlebihan menyebabkan jumlah air dan permukaan tanah menjadi ikut menurun.

  • Tanah Tidak Mampu Menyerap Air

Berkurangnya kemampuan tanah untuk untuk menyerap air terjadi lantaran banyak faktor seperti kurangnya lahan hijau, tidak ada kawasan drainase, hingga sistem kelola tata ruang yang salah, sehingga mengakibatkan air memenuhi tempat-tempat penampungan lalu meluap.

  • Bendungan Tidak Berfungsi

Membangun infrastuktur yang baru memang diperlukan, namun jangan lupa untuk menjaga yang lama. Sebab, pemakaian untuk jangka waktu panjang juga perlu diimbangi dengan perawatan, supaya kedepannya infrastuktur bisa berfungsi dengan baik.

Salah satu contoh infrastuktur itu sendiri adalah bendungan yang bisa membawa petaka jika tidak mendapatkan perawatan dengan baik.

  • Berada Pada Dataran Rendah

Air mengalir dari tempat yang tinggi ke rendah, sehingga tidak heran jika daerah dengan kontur rendah lebih mudah terjadi banjir yang lebih besar. Teori itulah yang mendukung lebih besarnya potensi terjadinya banjir.

  • Kiriman Air

Perbedaan dataran tinggi dan dataran rendah juga menjadi salah satu penyebab banjir, terbukti dari beberapa daerah di ibukota mendapat kiriman air banjir yang berasal dari pegunungan maupun tempat lebih tinggi. Akhirnya, limpahan air tersebut juga yang membuat dataran rendah rentan banjir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *